Perbedaan Ban Bias dan Ban Radial

Perbedaan Ban Bias dan Ban Radial – Penggantian ban sepeda motor baik ban belakang ataupun ban depan secara periodik pasti sudah sering bro dan bray lakukan, seiring dengan lama nya pemakain dan jarak tempuh kendaraan bermotor kita.

Kira kira tahu gak jenis ban yang menempel pada velg sepeda motor kita. Biasanya di dinding ban akan tertera tulisan tipe ban yaitu tube type atau tubeless. Oke sampai disini pasti udah pada nge ngeh kan.

Untuk kali ini kita akan membahas mengenai ban berjenis tubeless(mumpung lagi ngetren dan karena banyak di sematkan pada motor motor jaman noaoww).

Perbedaan Ban Bias dan Ban Radial

Nah loh… Siapa yang tidak kenal dengan ban Tubeless, itu loh ban yang tidak memerlukan bantuan ban dalam agar ban nya mengembang namanya juga tubeless yang artinya tanpa ban dalam. Dan ternyataaa,,, oh ternyata ban tubeles itu terbagi menjadi dua tipe sodara sodara yaitu Ban Bias dan ban Radial…. ow ow ow baru tahu kan?? bro and bray sekalian…..

Lalu Apa yang Menjadikan Perbedaan Ban Bias dan Ban Radial……

Ban tipe bias biasanya paling banyak digunakan (karena standar pabrikan udah begitu adanya hehehehe) untuk keperluan berkendara harian. Struktur ban tipe bias terdiri dari lembaran lembaran Serat nylon yang disusun zig zag. Sehingga Ban tipe bias mempunyai telapak yang lebih tebal makanya cocok untuk berkendara harian (ukuran ban biasanya cuma dua digit misal 90/80).

Ban tipe bias cenderung lebih mudah ditemui di toko toko penjual ban motor. Biasa nya menjadi pilihan Karena harga Ban bias juga lebih ramah dikantong. Hal inilah yang membuat ban tipe ban bias lebih sering menjadi pilihan pada kebanyakan pengendara motor untuk keperluan harian.

Sedangkan ban tipe radial terbuat dari serat kawat baja yang saling menyilang. Dengan tapak lebih kaku, lebih tahan guncangan, dan tidak cepat aus maka ban radial lebih baik dari tipe bias . Kemudian dari ukuran tapak, ban tipe radial lebih lebar (bisa dilihat dari kode ukuran ban sampe tiga digit misal 120/60) .

Selain itu pada dinding ban tipe radial ditandai dengann kode R dan ban tipe radial mempunyai telapak yang lebih tipis sehingga cengkraman ke jalan lebih bagus.

Hal ini yang menjadikan struktur radial lebih sering digunakan untuk sepeda motor untuk kecepatan tinggi. Harga ban radial cenderung lebih mahal karena ban jenis radial diproduksi cenderung untuk motor sport yang sering melaju dengan kecepatan tinggi.

Gimana bro dan bray… sudah lebih bertambahkan info Perbedaan Ban Bias dan Ban Radial.Semoga bermanfaat, jangan lupa like, share dan komennya…. 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *