Penyebab dan Solusi Anak Susah Makan

Lagi pusing ya Bun? Pasti gara-gara si kecil susah makan. Kekhawatiran ini normal dan wajar terjadi terutama Para Bunda yang punya si kecil yang menginjak 1 tahun. Ini bisa banyak penyebabnya logh Bun, Yuk Simak Penyebab dan Solusi Anak Susah Makan.

Penyebab Si Kecil Susah Makan

Penyebab dan Solusi Anak Susah Makan

Saat-saat seperti ini, dimana si kecil susah makan akan berdampak pada pertumbuhannya yang akan melambat. Hal ini juga mengakibatkan si Kecil berkurang nafsu makannya. Dimana akan memperngaruhi jumlah makan yang lebih sedikit dari biasanya.

Hal yang sering menjadi Penyebab Si Kecil Susah Makan biasanya dikarenakan adanya tumbuh gigi. Tetapi beberapa kondisi berbeda dapat menjadi penyebab anak sulit makan. Nah, Simak yuk Bun Apa aja

Makanan yang Baru atau Asing

Si Kecil biasanya akan merasa asing dengan makanan yang baru dicoba atau dikenal, hal ini membuat si kecil cenderung akan menolak memakannya Bun. Untuk menyiasatinya, Bunda bisa mencoba mengenalkan makanan yang agak sama atau tidak berbeda jauh dari makanan yang sebelumnya. Sebisa mungkin tampilan dan bentuknya mirip agar ini bisa membantu si kecil merasa tidak asing dengan makanan barunya.

GERD (Refluks gastroesofagus )

Bila Si Kecil mengalami GERD, maka akan membuat si kecil mengeluarkan isi lambungnya. Umumnya si kecil yang mengalami ini akan menangis, lebih rewel, bahkan sampai susah tidur, lesu, serta pertumbuhannya tidak seperti teman-teman seumurannya. Si Kecil dengan kondisi seperti ini akan mengalami rasa sakit saat menelan, sehingga Si Kecil akan memilih untuk tidak makan.

Sariawan

Penyebab dan Solusi Anak Susah Makan

Mulut si kecil akan terasa perih dengan kondisi ini. Sariawan pada Si Kecil dapat diketahui dengan adanya bulatan berwarna putih atau kunig di bagian dalam bibir, pipi atau gusi.
Hal ini dapat terjadi karena cedera atau luka pada mulut akibat tergigit. Tetapi selain sariawan juga dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti

  • Kurangnya vitamin
  • Kurangnya asupan cairan
  • Alergi makanan
  • Terinfeksi virus atau karena faktor keturunan

Selain beberapa penyebab di atas, si kecil susah makan juga dapat disebabkan karena anak masih kenyang, lelah, atau sakit. Bunda tidak perlu khawatir karena ketika kondisi sudah normal, Si Kecil akan makan kembali.

Tips Mengingkatkan Nafsu Makan Si Kecil

Perlu Bunda kitahui, anak-anak makan merupakan proses pembelajaran. Untuk membantu mendongkrak nafsu makan pada Si Kecil, Bunda dapat mencoba beberapa Tips dari artikel Penyebab dan Solusi Anak Susah Makan seperti di bawah

Penyebab dan Solusi Anak Susah Makan

Ajak Si Kecil dalam proses pembuatan makanan. Mulai dari membeli, membersihkan, sampai memasak dan menyajikan makanan. Kegiatan ini dapat mendorongnya untuk lebih berselera makan.

Ajari anak untuk makan sendiri. Bunda dapat membuat makanan yang mudah dipegang dan dimasukkan ke dalam mulut anak.

Lebih sering mengadakan acara makan keluarga. Biarkan Si Kecil melihat orang dewasa makan beragam jenis makanan dan berkomentar baik.

Membiasakan disiplin waktu makan. Tiga kali waktu makan utama dan dua kali makan kecil atau cemilan setiap harinya. Kondisikan Si Kecil agar nyaman dalam hal ini.

Penyebab dan Solusi Anak Susah Makan

Mengajak anak-anak lain untuk makan bersama. Jauhkan gadget, televisi, permainan, binatang peliharaan, dan hal-hal yang bisa menggangu fokus Si Kecil saat makan.

Bagaimana Bunda, Jika Si Kecil yang susah makan bukanlah perkara yang gampang untuk ditangani. Kita harus memberikan perhatian dan kesabaran lebih untuk mengatasinya. Semoga artikel Penyebab dan Solusi Anak Susah Makan ini bermanfaat ya Bun, jangan lupa komen, share dan feedback-nya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *