Panduan Menggunakan Emulator Portable dengan Batocera

Berikut adalah Panduan Menggunakan Emulator Portable dengan Batocera

  1. Pastikan BIOS Komputer sudah di-setup booting dari USB external (Emulator ini support booting dengan UEFI dan Legacy). Untuk melihat shortcut boot menu bisa lihat di link ini https://www.disk-image.com/faq-bootmenu.htm .Mohon pastikan SECURE BOOT INACTIVE
  2. Untuk mengupdate tampilan gambar preview game lakukan langkah-langkah di bawah. Hal ini tidak disarankan jika sisa kapasitas Flashdisk tinggal sedikit, karena akan mempengaruhi game yang membutuhkan proses kompilasi (Game PS3). Mohon tidak melakukan update BATOCERA ke versi yang lebih tinggi.
  3.  Jika anda ingin memainkan game emulator nintendo wii disarankan memiliki dolphin bar, karena mapping tombol wii tergolong unik termasuk penangkap gerakan motion/gerak. Beberapa game membutuhkan adjustment secara manual mengingat controller wii unik.
  4. Controller wireless Bluetooth beberapa model tidak bisa melakukan pairing seperti PS3/PS4 disarankan menggunakan controller kabel. Meskipun pairing bisa dilakukan tanpa kendala di Windows bukan berarti bisa pairing di BATOCERA karena OSnya berbeda (LINUX).
  5. Jika anda menggunakan VGA NVIDIA atau AMD lakukan perubahan konfigurasi pada emulator untuk mengoptimalkan Performance Game. Konfigurasi ini mutlak dibutuhkan jika ingin memainkan game Nintendo SWITCH dan PS3, jika hardware VGA tidak mendukung maka akan mengakibatkan Game tidak akan bisa dijalankan (kembali ke menu utama). Terlampir adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan VGA NVIDIA atau AMD
    • Masuk Flashdisk ke Port USB
    • Jika Flashdisk sudah terdeteksi buka Drive Flashdisk dengan label BATOCERA
  6. Panduan Menggunakan Emulator Portable dengan Batocera
    • Buka file batocera-boot.conf dengan aplikasi notepad atau text editorPanduan Menggunakan Emulator Portable dengan Batocera

    untuk mengaktifkan VGA Nvidia bisa dilihat seperti contoh di atas pada line atau baris 11. Sedangkan untuk mengaktifkan VGA AMD bisa dilakukan pada line atau baris 15. Pastikan aktifasi dilakukan pada salah satu saja (tidak bisa semuanya diaktikan).

    • Jika sudah melakukan perubahan, pastikan file sudah disimpan. Selanjutnya anda tinggal melakukan langkah nomor 1
  7. Untuk Memainkan Game Nintendo SWICTH di BATOCERA gunakan emulator AUTO, tetapi beberapa game kemungkinan tidak menampilkan graphic, video atau bahkan tidak bisa dijalankan. Untuk hal ini bisa diatasi dengan mengganti option emulator menggunakan RYUJINX. sebagai catatan tidak semua game bisa dimainkan baik oleh RYUJINX dan atau YUZU
  8. Untuk melakukan upscale resolusi yang lebih tinggi di tiap emulator di BATOCERA bisa dilakukan dengan cara masuk ke emulator (misal : psx) kemudian tekan backspace. nanti secara otomatis system akan menampilkan OPTIONS – ADVANCED SYSTEM OPTION. Pada menu ini kita bisa melakukan perubahan resolusi, graphic engine, game render dan sebagainya. Sebagai catatan pastikan perubahan ini disesuaikan dengan kemampuan Hardware yang ada, karena setup yang tidak sesuai akan berdampak tidak optimal ketika game sedang dimainkan.
  9. Tombol Navigasi untuk aplikasi Emulator Portable dengan Batocera
  • F1 untuk memanggil windows Explorer versi LINUX
  • ESC atau ALT+F4 Keluar dari Game
  • SpaceBar menampilkan menu utama konfigurasi
  • Backspace untuk masuk option menu emulator

Order Flashdisk atau Harddisk Emulator Portable dengan BATOCERA FULL GAME

Produk ini bisa didapatkan melalui link di bawah ini, untuk request judul game bisa dilihat di link ini .Kelebihan dari product ini adalah semua BIOS sudah disetup termasuk update untuk emulator Nintendo Switch dan PS3.

TOKOPEDIA 

LAZADA

SHOPEE

BIOS yang sudah pasti ditest dan jalan untuk product ini adalah emulator SEGA, Dreamcast, Saturn, PS1,PS2,PS3,PSP, Nintendo, Nintendo WII, PCEngine, SNES, NES, NEOGEO, NDS, N64 dan Nintendo Swicth, 3DS, MAME (update per 11.08.2022). Flashdisk ini sudah bisa dibaca di OS Windows sehingga kedepannya bisa dimodifikasi isi gamenya sendiri.

Cara Menambah dan Menghapus Game pada Emulator Portable dengan Batocera

Untuk menambahkan dan mengurangi game yang ada di Batocera bisa dilakukan dengan masuk ke Menu FileExplorer yang ada di Batocera (Tekan F1 pada Menu Utama). Setelah masuk pada aplikasi File Explorer arahkan ke Folder roms yang ada di panel sebelah kiri.

Di dalam folder roms biasanya terdapat folder2 kecil yang mencerminkan nama console atau emulator. untuk menghapusnya cukup menghapus file yang ada di dalam folder tersebut. Misal kan kita ingin menghapus game untuk nintendo DS (nds).

Masuk ke Folder roms pada panel sebelah kiri kemudian piiih folder nds yang ada disebelah kanan. Langkah ini berlaku juga untuk melakukan penambahan game.

Perlu diketahui langkah-langkah di atas hanya berlaku untuk console atau emulator selain PS3 atau Playstation 3. Untuk PS3 sendiri untuk menghapus game OFW/CFW (Game Folder) bisa dilakukan dengan menghapus cache terlebih dahulu di APLIKASI EMU PS3.

Setelah Cache terhapus untuk format CFW (Game Folder) yang dilakukan selanjutnya adalah menghapus Folder dengan akhiran/ekstention .ps3 yang ada di roms/ps3/ . Begitu juga untuk penambahan game bisa dilakukan dengan menambahkan Game CFW(Game Folder) dengan manambahkan ekstensi .ps3 pada folder dan dicopykan ke rom/ps3.

Untuk game yang mempunyai format OFW(PKG file) bisa dilakukan delete GAMES melalui APLIKASI EMU PS3. kemudian setelah terhapus maka yang dilakukan berikutnya adalah menghapus file .psn yang ada di roms/ps3/ . Sedangkan untuk penambahan bisa dilakukan dengan menambahkan file dengan ekstensi .psn dengan isi GAME ID di dalam file .psn tersebut dan menginstall file .pkg melalui APLIKASI EMU PS3.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *