Cara Monitoring Uptime Situs Kita

Abangwawa.com Kali ini wawa akan membahas cara monitoring uptime situs kita (website atau server). Monitoring adalah sebuah kegiatan pengawasan untuk memastikan system berjalan dengan normal dan lancar.

Akhir-akhir ini wawa sering mengalami situs ini tidak dapat dibuka atau kadang malah error not responding ketika membuat atau mengedit artikel. Awalnya wawa curiga dengan notifikasi dari jetpack ke email wawa tentang status DOWN situs abangwawa.com dan cukup sering ternyata. Padahal sebelum wawa memutuskan hosting di tempat sekarang, mereka menggadang-gadang istilah 99 % UPTIME.

Persiapan Cara Monitoring Uptime Situs Kita

Setelah searching dengan om google, wawa menemukan situs monitoring website yang simple, mudah dan gratis tentunya. website monitoring ini dapat dijumpai di link ini. Langsung saja yuk kita lihat ke TKP untuk praktek Cara Monitoring Uptime Situs Kita

1.Membuat akun di https://uptimerobot.com

Cara Monitoring Uptime Situs Kita

2.Aktivasi akun melalui email yang sudah dikirim oleh situs uptimerobot

Cara Monitoring Uptime Situs Kita

3.Login ke situ uptimerobot dan buat status monitoring untuk situs kita

Cara Monitoring Uptime Situs Kita

Untuk versi yang gratis kita hanya diijinkan memonitor sampai 50 item situs saja dengan interval minimal 5 menit. Menurut wawa cukup OK sih untuk gratisan 🙂 , ditambah feature monitor dari aplikasi mobile (android/iPhone).

Cara Monitoring Uptime Situs Kita

Setelah langkah-langkah di atas selesai, sekarang kita dapat melihat status situs kita dari dashboard yang disediakan oleh situs uptimerobot. Berikut tampilan dashboard yang dapat kita lihat sebagai Cara Monitoring Uptime Situs Kita.

Cara Monitoring Uptime Situs Kita

Dari hasil di atas situs ini ternyata sering DOWN 🙁 dan rata-rata downtime 2 detik sampai 5 menit. posisi hosting saat ini berada di rumahweb.com. Wawa sudah menyampaikan hal ini ke pihak hosting dan masih dalam pengawasan dan investigasi.

Setelah beberapa hari pihak hosting melakukan perubahan PHP version dan menyarankan untuk mematikan beberapa plugin WP dan mengganti theme. Padahal menurut wawa dalam situs ini tidak terlalu banyak plugin yang dipakai dan theme yang cukup simple. Mudah-mudahan beberapa hari kedepan dan seterusnya situs ini tidak sering DOWN 🙂 .

Nah, sampai di sini dulu sobat wawa untuk sharing pengalamannya Cara Monitoring Uptime Situs Kita. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat dan jangan lupa ditunggu komen, share dan feedbacknya. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *